拔苗助长

拔苗助长
Menumbuhkan Semai dengan Menariknya ke Atas



Menurut legenda, dahulu kala ada seorang petani yang tidak memiliki kesabaran dalam hidupnya. Suatu hari, dia merasa semai padi di sawahnya tidak setinggi dengan semai padi di sawah orang lain sehingga ia merasa panik setiap hari. Dalam kepanikan yang luar biasa ini, maka setiap hari dia turun ke sawah untuk memeriksa dan berharap semai padinya dapat bertumbuh dengan cepat. Namun dia harus kecewa, karena setiap kali turun ke sawah semai padinya masih tidak bertambah tinggi.

”Bagaimana caranya dapat membuat semai padiku tumbuh dengan cepat”, pikirnya dengan penuh kepanikan. Setelah berpikir keras siang dan malam, akhirnya dia mendapatkan sebuah cara yang sangat jitu.

Keesokan harinya, di saat semua orang masih belum mulai bekerja, dia bergegas turun ke sawah. Sesampai di sawah, dia langsung melaksanakan cara jitunya, yaitu menarik satu per satu semai padinya ke atas supaya kelihatan lebih tinggi. Dia menarik semainya sepanjang hari sampai ia merasa sangat letih. Walaupun demikian, dia sangat gembira karena semai padinya sudah bertambah lebih tinggi.

Dalam perjalanan pulang, si petani dengan sombongnya mengatakan kepada semua orang yang dijumpainya dalam perjalanan pulang.

”Hari ini sungguh melelahkan, akan tetapi semai padiku sudah bertambah tinggi”, demikian katanya kepada semua orang dengan hati yang girang.

Hari berikutnya, si petani membawa anaknya turun ke sawah untuk memeriksa semai padinya. Apa yang diharapkan sungguh di luar dugaan, dia menemukan semua semai padinya layu dijemur matahari.

Idiom ini biasa dipakai untuk menggambarkan orang yang memiliki antusiasme berlebihan tetapi malah merusak semuanya.

拔苗助长 dibaca ”bá miáo zhù zhǎnɡ”
Contoh kalimat:
1 家长让孩子们上太多补习班,这是在拔苗助长,结果就会破坏他们的学习兴趣。
2 学生的教育不能拔苗助长,反而应该让他们自然地发展。
3 我们在学习的时候,不能急于求成,否则就会犯拔苗助长的错误。
Dibaca 1157x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2021 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)