闭门思过

闭门思过
Merenungkan Kesalahan dalam Ruangan Tertutup

Han Yanshou adalah seorang pejabat terkenal pada zaman Dinasti Han Barat, sebagai seorang pejabat, ia sangat menjunjung tinggi ritual dan tatakrama. Beliau pun menerapkan sistem pengajaran untuk mengubah moralitas rakyatnya.
Suatu hari, ketika melewati Karesidenan Gaoling, beliau menyaksikan dua orang bersaudara sedang berkelahi untuk memperebutkan lahan pertanian. Melihat peristiwa ini, beliau sangat bersedih hati, dan merasa peristiwa ini merupakan sindiran terhadap sistem pengajaran yang beliau ajarkan. Dalam hatinya, beliau berguman: “Aku beruntung menjadi pejabat di daerah sini, tetapi tidak memberikan kontribusi kepada rakyat. Rakyat tidak mendapatkan pendidikan yang baik, sehingga saudara kandung kehilangan keharmonisan. Aku bertanggung jawab terhadap semua ini, karena aku tidak memiliki kecakapan dalam memimpin, aku harus mengundurkan diri dari jabatan sekarang. Aku harus introspeksi diri dalam ruangan tertutup sambi menunggu keputusan istana.” Setelah beliau berguman, beliau kembali ke kediamannya lalu mengurung diri dalam kamar.
Tindak tanduknya membuat para pejabat setempat menjadi resah, dan akhirnya satu per satu menyerahkan diri untuk dipenjara sebagai ungkapan penyesalan. Dua kakak beradik yang berebut lahan pertanian juga kebingungan hingga keluarga mereka pun tidak tenang hidupnya. Mereka berdua dituduh menjadi penyebab atas segala yang terjadi.
Dua kakak beradik merasa menyesal, mencukur rambutnya dan bertelanjang dada menghadap penjaga untuk menyatakan penyesalan. Keduanya menyatakan kesediaan menyerahkan lahan perhatian kepada saudaranya untuk menebus kesalahan kepada Han Yanshou dan berharap dimaafkan. Saat ini, Han Yanshou membuka pintu untuk bertemu mereka dan mengadakan jamuan makan bersama.
Belakangan, pepatah ini digunakan untuk mendesripsikan mereka yang berintrospeksi diri setelah melakukan kesalahan.
闭门思过 dibaca: “bì mén sī ɡuò”
Contoh kalimat:
1 弟弟犯了错误,妈妈不准他出去玩,让他闭门思过。
2 经历这次失败,班长闭门思过一整天,一直在检讨自己。
3 犯了错误应当争取大家的帮助,闭门思过恐怕不是好办法。
Dibaca 743x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2021 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)