打草惊蛇
Menyibak Rumput Menakuti Ular


Seorang bupati pada masa Dinasti Tang, Wang Lu adalah orang yang tamak akan harta sehingga dalam kehidupannya sehari-hari, ia pun sering merebut uang dari rakyat. Bawahannya juga berubah seperti majikannya, setiap saat merebut apa yang dimiliki orang rakyat. Dengan demikian, rakyat kabupaten itu menjadi sangat menderita, sehingga timbul kebencian dari mereka terhadap pejabat-pejabat tersebut. Mereka selalu berharap dapat memberikan pelajaran kepada pejabat-pejabat itu suatu hari untuk melampiaskan kemarahan mereka.
Suatu saat, terdapat pejabat yang diutus oleh kerajaan untuk memeriksa kondisi kabupaten itu. Rakyat pun senang dan merasa kesempatan itu datang, dan mereka bekerja sama menuliskan surat komplain untuk dilaporkan kepada para pengawal bahwa harta kekayaan bupati dan bawahannya itu semuanya didapat dengan cara yang tidak layak. Laporan itu diserahkan kepada Wang Lu terlebih dahulu.
Sangat kebetulan sekali, surat dalam genggaman Wang Lu semuanya menceritakan tentang tingkah lakunya sendiri. Melihat surat tersebut, Wang Lu ketakutan dan bercucuran keringat dingin, sambil membaca isi surat tersebut, seluruh badannya gemetaran. Dia pun berpikir, ”Bagaimana semua ini bisa terjadi, bukankah ini semua berbicara tentang aku?”
Wang Lu pun berpikir panjang dan sangat ketakutan. Dia kemudian mengambil kuas dengan tangan gemetaran lalun menulis kondisi hatinya “Kamu sudah menyibak rumput, aku kaget bak ular”. Kalimat yang dia tulis memiliki makna bahwa walaupun sekarang kamu sudah menyibak rumput, namun aku bagaikan ular dalam semak-semak yang sudah kalian kageti. Selesai menuliskan dia pun tak berdaya duduk di kursi, dan kuasnya pun terjatuh di lantai.
Idiom ini menggambarkan bahwa tindakan yang gegabah akan membuat pihak musuh menjadi siaga.
打草惊蛇 dibaca ”dǎ cǎo jīng shé”
Contoh kalimat:
1 为了不打草惊蛇,他只是旁敲侧击地询问了来人几个问题。
2 警方为了避免打草惊蛇,所以派出便衣警察埋伏在四周。
3 最后他们决定最好不要打草惊蛇并且不再进一步讨论这个问题。
Dibaca 743x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2021 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)