邯郸学步
Belajar Berjalan di Han Dan

Menurut cerita, di Wilayah Shouling, Negara Yan terdapat seorang pemuda yang dijuluki Pemuda Shouling.
Pemuda Shouling ini merupakan orang yang berada, yang tidak perlu mengkhawatirkan sandang dan pangan. Berdasarkan penampilannya, ia termasuk orang yang berekonomi menengah ke atas, namun ia tidak memiliki kepercayaan diri. Ia sering merasakan dirinya lebih rendah dari orang lain. Ia juga beranggapan pakaian yang ia pakai kurang bagus dibandingkan dengan pakaian orang lain, makanan yang ia makan kurang enak dibandingkan dengan makanan orang lain. Saat duduk maupun berdiri, ia selalu merasakan orang lain lebih tinggi darinya. Akhirnya, ia belajar apapun yang dia lihat, namun dia tidak berhasil mempelajari apapun sehingga ia tidak tahu harus berbuat apa.
Keluarganya terus menasehatinya, dan ia merasa mereka terlalu mengatur hidupnya. Saudara dan tetangganya juga turut menasehatinya, tetapi tidak diindahkan sama sekali. Lama-kelamaan, dia merasa gaya jalannya bermasalah. Semakin ia memerhatikan langkah kakinya, ia merasakan semakin banyak kejanggalan, merasakan langkah kakinya terlalu jelek.
Suatu hari, dia bertemu dengan beberapa orang yang sedang bercanda. Ia mendengar mereka berkata bahwa orang Wilayah Handan memiliki gerakan berjalan yang paling indah. Begitu mendengar kabar tersebut, ia hendak mencari tahu kebenarannya, namun di luar dugaan, orang-orang tersebut melihatnya dan pergi meninggalkannya.
Ia mulai merenung: ”Seindah apakah orang-orang Handan berjalan?” Akhirnya, ia memutuskan pergi ke Handan untuk belajar berjalan. Begitu sampai di Handan, ia merasakan semuanya begitu indah. Melihat anak kecil berjalan, ia pun merasakan sangat indah dan belajar menirunya. Melihat orang tua berjalan, dia merasakan sangat stabil dan belajar menirunya. Melihat wanita berjalan, dia merasakan sangat elegan dan juga menirunya. Berselang setengah bulan, akhirnya dia tidak berhasil belajar apapun. Biaya perjalanannya pun habis dan ia pun kembali ke rumah dengan merangkak.
Idiom ini digunakan untuk menggambarkan orang yang suka belajar meniru orang lain tetapi tidak berhasil mempelajari apapun dari kelebihan orang lain, namun melupakan kelebihan dan kemampuannya sendiri.
邯郸学步 dibaca ”hán dān xué bù”
Contoh kalimat:
1 学习别人的经验,不能邯郸学步,要从自己的实际需要出发。
2 学习外国经验,不能邯郸学步,连我们自己成功的经验都丢了。
3 如果我们不顾实际情况,不认真加以研究,而一味地模仿别人,无异于邯郸学步。
Dibaca 575x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2021 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)