Kata Sifat
Kata Kerja
Kata Ganti
Kata Benda
Kata Keterangan
Kata Depan
Kata Satuan Bilangan
Sintaksis
Kata Seru
Kata Bantu
Kata Sambung
Kata Tiruan Bunyi

Kaidah Penulisan Satuan dan Bilangan yang Sering Keliru

Kategori
Kata Satuan Bilangan
Posting

Wednesday February 2nd, 2022

Dibaca 378x
BERBAGI ARTIKEL INI...
  Sumber Gambar: Google Images

Kaidah Penulisan Satuan dan Bilangan yang Sering Keliru
1 “倍”tidak dapat digunakan untuk jumlah yang mengalami pengurangan, misalnya “减少了一倍”, seharusnya ditulis “减少了一半”、“减少了50%” atau “减少了五成”.
2 Penggunaan “翻番” dan “加倍”:
“翻番” adalah peningkatan ganda berlipat. Misalnya, jika bilangan kardinalnya adalah 3, maka 1 kali peningkatan gandanya adalah 6; 2 kali peningkatan gandanya adalah 12; dan 5 kali peningkatan gandanya adalah 96.
“翻几番” adalah berapa bilangan kardinalnya dikalikan dengan angka 2 terus dikalikan dengan berapa kali kelipatan peningkatan gandanya. Sebagai contoh di atas, jika bilangan kardinalnya adalah 3, dengan peningkatan gandanya 5 kali, maka bilangan kardinalnya dikali dengan 5 kali angka 2, secara umum ditulis menjadi “3 x 25”.
“加倍” menyatakan berapa kali lipat dari jumlah yang dimaksud. Misalnya, jika bilangan kardinalnya adalah 3, maka 1 kali lipatnya ada 3; 2 kali lipatnya adalah 6; dan 5 kali lipatnya adalah 15.
Peningkatan menggunakan “翻番” jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan “加倍”.
3 “手”,adalah satuan terendah pada saat membeli saham (lot),1 lot saham adalah 100 lembar. “手” tidak digunakan untuk transaksi perdagangan derivatif yang bekerja berdasarkan sistem margin trading, melainkan menggunakan “单”.
4 Penulisan bilangan dari jumlah ke jumlah tertentu, adalah sebagai berikut:
“30%-50%”,tulis “30% 到 40%”, tidak ditulis “30 到 40%”.
“100.000-150.000”, ditulis “10万~15万”,tidak ditulis “10~15万”.
5 Wajib menggunakan satuan yang resmi, tidak menggunakan satuan yang sudah tidak dipakai lagi. Misalnya:
“sentimeter”,ditulis menggunakan “厘米”,dan tidak menggunakan “公分”.
“liter”,ditulis menggunakan “升”,dan tidak menggunakan “公升”.
“meter”,ditulis menggunakan “米”,dan tidak menggunakan “英尺”.
“mil”,ditulis menggunakan “海里”,dan tidak menggunakan “浬”.
“kilo watt”,ditulis menggunakan “千瓦”,dan tidak menggunakan “瓩”.
6 Dalam bahasa tulisan, penulisan tahun tidak boleh disingkat. Pada Februari 1951, telah ditetapkan penulisan tahun wajib ditulis lengkap. Misalnya: 1951,harus ditulis “一九五一年”,dan tidak boleh ditulis “五一年”.
Penulisan versi Barat yang popular seperti “—’99年” dibatasi penggunaanya, umumnya hanya digunakan untuk slogan kegiatan tertentu, seperti “’99全国足球比赛”. Penulisan “我公司’99出口较多” adalah tidak resmi.
Penulisan tanggal, bulan dan tahun yang formal adalah “1999年11月16日”,dan tidak disarankan menulis “1999.11.16.” atau menggunakan versi lainnya.
Waktu pembacaan angka tahun harus dibaca per angka, misalnya “1999年” dibaca “一九九九年” dan tidak dibaca “一千九百九十九年”,hal ini berguna untuk membedakan tahun 1999 dengan 1999 tahun (antara posisi waktu dengan lamanya waktu).
7 Tanggal dan bulan dalam penulisannya sebagai kata benda khusus, terutama berkaitan dengan bulan Januari, November dan Desember, harus dipisahkan menggunakan tanda titik hitam (•) dan diberi tanda kutip dua untuk menghindari salah tafsir. Misalnya: “一二•九” 运动、“一•一七” 批示,dan lainnya.
Kalau berhubungan dengan bulan Oktober, juga dapat ditulis menjadi“一○”,misalnya: “一○一二”, tanda titik hitam (•) boleh diabaikan.
Penulisan bulan dan tanggal untuk momen khusus atau naskah resmi yang sudah sangat terkenal, tanda kutip dua dan tanda titik hitam (•) dapat diabaikan. Misalnya:五一国际劳动节、十一国庆节、七一讲话、五三一讲话 dan lainnya.
Kalau penulisan tanggal dan bulan menggunakan angka arab, maka antara tanggal dan bulan cukup disisipkan tanda titik hitam (•) antarmereka, tidak perlu menggunakan tanda titik(.).
8 Ketentuan pemberian label nomor urut sebagai berikut:
Di belakang “第一”、“其次” menggunakan tanda koma(,).
Di belakang “一”、“二” menggunakan tanda koma miring ke belakang (、).
Di belakang “1”、“2” dan “A”、“B” menggunakan tanda titik (.).
Jika nomor urutnya berada di dalam kurung seperti(1)、(2), maka di belakangnya tidak perlu ditambahkan tanda koma(,),tanda tanda koma miring ke belakang (、)atau tanda titik (.).
9 Menurut peneliti dari Observatorium Beijing, waktu tengah malam sekitar pukul 00.00 umumnya disebut “子夜”; pukul 02.00-04.00 disebut “凌晨”;dan waktu setelah pukul 04.00 disebut “拂晓”.
10 Waktu menyatakan suhu,seperti 20°C dan -20°C ditulis “20摄氏度” dan “零下20摄氏度”,tidak dapat ditulis “摄氏20度” dan “零下摄氏20度”.

— —
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)