Kata Sifat
Kata Kerja
Kata Ganti
Kata Benda
Kata Keterangan
Kata Depan
Kata Satuan Bilangan
Sintaksis
Kata Seru
Kata Bantu
Kata Sambung
Kata Tiruan Bunyi

Kata Benda 1: Formasi Pembentukan Kata Benda (1)

Kategori
Kata Benda
Posting

Wednesday May 30th, 2018

Dibaca 2370x
BERBAGI ARTIKEL INI...
  Ilustrasi dari Google Images

Kata Benda
(名词)
Kata Benda atau Nomina (disingkat ”n”) adalah kelas kata yang menyatakan nama dari seseorang atau benda (meliputi tempat, arah, dan waktu). Kata Benda dalam Bahasa Mandarin dibagi menjadi empat kategori, yakni:
1 Kata Benda Umum (普通名词), misalnya 手、床、字典、自行车、学生、空气等。
2 Kata Benda Khusus (专有名词), misalnya 印尼、雅加达、中国、长城、天安门、《西游记》等。
3 Kata Benda Kolektif (集体名词), misalnya 人类、人口、书本、纸张、车辆、树木等。
4 Kata Benda Abstrak (抽象名词), misalnya 概念、原则、气氛、意识、水平、成就、道德等。
Kata Benda yang menyatakan arah, tempat, dan waktu disebut Kata Arah (方位词), Kata Tempat (处所词), Kata Waktu (时间词). Ketiga jenis Kata Benda ini memiliki karakteristik dan fungsi yang agak berbeda dengan Kata Benda pada umumnya.
Formasi Pembentukan Kata Benda
Kata-kata dalam Bahasa Mandarin hanya sebagian kecil yang menggunakan morfologi atau ilmu pembentukan kata. Formasi pembentukan Kata Benda dalam Bahasa Mandarin ada dua jenis, yaitu ”Awalan” yang digunakan di depan akar kata dari morfem dan ”Akhiran” yang digunakan di belakang akar kata dari morfem. Untuk lebih jelasnya, ikuti penjelasan berikut:
Awalan (Prefiks)
a Awalan “阿”, misalnya 阿姨、阿爹、阿爸、阿毛。
Pengunaan awalan “阿” adalah Kata Benda yang umumnya berkaitan dengan orang. “阿” juga bisa diletakkan di depan nama orang, misalnya seseorang bernama 王兰, dia juga boleh dipanggil “阿兰”. Ini merupakan sapaan yang tidak formal, kebanyakan digunakan untuk menyapa orang yang sebaya atau lebih muda.
b Awalan “老”, misalnya:
A 老汉、老板、老婆
B 老张、老乡、老兄、老总、老外
C 老虎、老鹰、老鼠
D 老大、老二、老几
Awalan “老” dari keempat kelompok kata di atas memiliki makna yang berbeda-beda. Kelompok A adalah sapaan yang umum, dalam keadaan yang tidak formal. Kelompok B dipakai untuk menyapa senioritas atau umur sebaya, memiliki kedekatan emosi dan perasaan. Khusus untuk kata “外”dari kata “老外” memiliki arti orang luar negeri, umumnya dipakai untuk orang dewasa dari luar negari. Kelompok C mengandung arti ketidaksukaan dan kekhawatiran atau perasaan takut, sedangkan kelompok D memiliki makna urutan.
Awalan “老” dari kata “老人” dan “老朋友” tidak termasuk dalam empat kelompok kata yang dibentuk dari awalan “老”.
c Awalan “小”, misalnya
A 小朋友、小人书、小商品、 小菜、小吃、小贩
B 小店、小女、小弟
C 小明、小费、小账、小卖、小意思
D 小姐、小鬼、小伙子
Awalan “小”dari keempat kelompok kata di atas juga mempunyai makna yang berbeda. Kelompok A, menyatakan bentuk atau ukuran yang kecil, tidak formal atau berada pada posisi bawah. Kelompok B adalah sejenis ungkapan rendah hati. Kelompok C menyatakan keadaan tidak formal, di luar aturan yang berlaku, dan mengandung makna tambahan. Kelompok D mengandung rasa hormat dan rasa akrab.

— —
 
 
 
 
 
 

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)