盲人摸象
Orang Buta Meraba Gajah

Suatu hari, terdapat empat orang buta sedang duduk di bawah pohon rindang. Sesaat kemudian, lewatlah seorang yang sedang menuntun gajah, sambil berteriak: ”Gajah lewat! Gajah lewat! Tolong beri jalan!”
Satu orang buta berujar: ”Gajah itu seperti apa? Bolehkan aku merabanya?” Tiga orang buta lainnya pun berujar: ”Benar! Setelah kita raba maka kita akan tahu bagaimana bentuk gajah itu sesungguhnya.”
Penuntun gajah kemudian mengikatkan gajahnya di pohon dan mempersilahkan keempat orang buta tersebut untuk merabanya.
Orang buta yang pertama meraba tubuh gajah dan berkata: ”Aku sudah tahu. Gajah itu besar seperti sebidang tembok.” Orang buta kedua meraba gading gajah dan berkata: ”Bukan seperti tembok, itu salah! Gajah itu seperti sepotong kayu yang bulat dan licin.” Orang buta ketiga meraba kaki gajah dan berkata: ”Tidak begitu! Kalian berdua salah! Gajah itu kurang lebih seperti pilar besar!” Namun orang buta yang terakhir meraba ekor gajah dan berkata: ”Kalian semua salah! Gajah itu seperti seutas tali!”
Keempat orang buta pun bertengkar dan saling menyanggah pendapat masing-masing. Orang yang menuntun gajah akhirnya ikut angkat bicara. Ia berkata: ”Apa yang kalian katakan tadi tidak ada yang benar. Kalian hanya meraba satu bagian dari gajah, bagaimana bisa memutuskan gajah itu bentuknya seperti apa?”
Idiom ini mengandung makna bahwa melihat sesuatu hanya sebagian saja dan tidak akan memahaminya secara keseluruhan.
盲人摸象 dibaca ”máng rén mō xiàng
Contoh kalimat:
1 做学问若囿于一家之言,无非是盲人摸象罢了。
2 不了解事情的前因后果,总是去猜测,就像盲人摸象,解决不了问题。
3 做调查的时候,如果只调查单一的方面,好像盲人摸象,就永远也不能掌握问题的全貌。
Dibaca 1069x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2021 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)