三人成虎

三人成虎
Perkataan Tiga Orang Akan Macan Menjadi Benar



Pada zaman dahulu, ada seorang pejabat kerajaan bernama Pang Gong. Suatu hari, raja mengutusnya pergi berdinas ke suatu tempat yang sangat jauh.

Menjelang keberangkatannya, Pang Gong berkata kepada sang raja: ”Baginda, jika ada seorang berkata sekarang ada seekor harimau di kota, apakah Baginda percaya?”

Sambil tertawa sang raja berkata: ”Orang itu pasti berbohong, saya tidak akan percaya itu.”

Pang Gong kemudian melanjutkan: ”Kalau ada dua orang datang bergantian menghadap Baginda dan berkata sekarang di pasar raya ada seekor macan, apakah Baginda percaya.”

Sang raja berpikir sejenak dan kemudian berkata: ”Kalau ada demikian banyak orang yang mengatakan hal ini, berarti berita ini bisa benar adanya, saya mungkin akan percaya.”

Pang Gong kemudian berkata kepada raja: ”Suatu hal yang sebenarnya tiada, tetapi digembar-gemborkan banyak orang maka akan membuat orang-orang menjadi percaya. Setelah saya berangkat, mungkin ada sebagian orang yang akan menjelek-jelekkan saya, harap Baginda ingat akan kisah macan yang saya ceritakan tadi. Janganlah Baginda terlalu gampang percaya akan perkataan orang lain.” Setelah mendengar kata-kata Pan Gong, sang raja pun setuju.

Setelah Pan Gong beranjak pergi, datanglah orang-orang yang memiliki dendam dengannya dan mulai bercerita kejelekan-kejelakan Pan Gong kepada sang raja. Pada awalnya sang raja tidak percaya, akan tetapi waktu berlalu dengan begitu lama, sang raja perlahan-lahan menjadi percaya. Setelah Pan Gong kembali dari dinasnya, sang raja sudah tidak terlalu percaya lagi dengan Pan Gong.

Idiom ini menggambarkan bahwa suatu rumor apabila diperbincangkan olah banyak orang, maka rumor itu akan diyakini kebenarannya oleh semua orang.

三人成虎 dibaca ”sān rén chénɡ hǔ”
Contoh kalimat:
1 三人成虎虽然无中生有,却可以使一个人的清誉毁于一旦。
2 虽然谣言止于智者,但是三人成虎,亦能混淆视听。
3 明明是无中生有的事,往往谣言一传,就会三人成虎,真是人言可畏!
Dibaca 1446x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2021 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)