Tahukan Anda, Kapan Hari Raya Hakka?

Tahukan Anda,
. Kapan Hari Raya Hakka?
Tianchuan(天穿)merupakan satu momentum penting dalam penanggalan lunar bulan pertama setelah perayaan Imlek dan Capgomeh. Tianchuan dirayakan pada tanggal 20 imlek, juga disebut sebagai Hari Menambal Langit(补天节: bǔtiānjié).
Kitab Huainanzi٠Lan Mingxun《淮南子•览冥训》, karya Liu An(刘安)yang disusun pada masa Dinasti Han Barat, menyebutkan bahwa: “Pada zaman kuno, empat pilar penyangga langit rusak, bumi terbelah, langit terbuka serta tidak mampu menyelimuti, bumi retak tidak mampu menampung, api membara di mana-mana, air meluap tiada surut, binatang buas memangsa rakyat, burung ganas memakan orangtua dan anak-anak. Karena itu, Nüwa menciptakan lima jenis batuan berwarna di Gunung Kunlun untuk menambal langit yang rusak. Beliau memotong empat kaki kura-kura dan menjadikannya sebagai pilar langit, membunuh siluman air dan naga hitam untuk menyelamatkan bumi, menumpuk abu pembakaran buluh untuk mengatasi merebaknya luapan air. Akhirnya langit berhasil ditambal, empat pilar langit berdiri kokoh, luapan air menjadi surut, dunia menjadi damai, binatang buas mati, dan rakyat hidup bahagia.”
Tianchuan dirayakan untuk memperingati jasa Nüwa menyelamatkan manusia, juga merupakan hari pengharapan masyarakat kuno untuk hidup makmur serta mengharapkan panen bergelimpahan. Hari Menambal Langit merupakan satu-satunya perayaan dalam budaya Tiongkok di mana wanita dipercaya mengemban tugas memimpin ritual perayaan.
Orang-orang Hakka akan meliburkan diri setiap merayakan Tianchuan, laki-laki tidak ke ladang, wanita tidak menenun, mereka akan mengalunkan nyanyian rakyat(山歌). Liburan ini, satu sisi memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk beristirahat setelah bekerja keras, sisi lainnya memberikan peluang kepada bumi untuk memperbaiki dan memulihkan diri dalam perspektif pelindungan lingkungan. Pada tanggal 10 September 2010, Komite Hakka Taiwan menetapkan hari yang spesial ini sebagai Hari Hakka.
Oleh: Zhangdong
Ilustrasi gamba: Google Images
Dibaca 1040x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2024 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)