不耻下问

不耻下问
Tidak Malu Bertanya kepada Orang yang Lebih Rendah Kedudukannya

Kong Yu adalah seorang pejabat kerajaan pada masa Chunqiu. Dia sangat senang belajar. Demi menggali ilmu, dia tidak mempedulikan kedudukannya yang tinggi, seringkali belajar dari orang-orang yang jabatannya di bawah dia. Oleh karena itu, dia menerima penghormatan dari banyak orang dan dijuluki ”Kong Wenzi”.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti akan menemukan berbagai macam kesulitan. Ada beberapa masalah yang tidak dapat kita selesaikan sendiri, sudah seharusnya meminta bantuan orang lain. Belajar dengan orang yang berbeda, akan dapat menambah pengetahuan kita. Kadang ada orang memiliki kedudukan yang tinggi, pengetahuannya banyak sehingga merasa tidak memerlukan bantuan orang lain. Sebenarnya ini merupakan satu bentuk arogansi dalam kehidupan dari orang yang tidak berpengetahuan. Saat menemukan masalah yang tidak bisa diselesaikan, ada orang yang takut ditertawakan sehingga dirinya berpura-pura pintar, tetapi ada orang yang langsung bertanya sehingga membuatnya mendapat banyak ilmu.
Idiom ini menggambarkan orang yang suka belajar dan tanpa malu walaupun belajar dengan orang yang status sosialnya lebih rendah darinya.
不耻下问 dibaca ”bù chǐ xià wèn”
Contoh Kalimat:
1 因为他不耻下问,所以他能把各种事情都处理得很好。
2 我们学习要有不耻下问的精神,善于并且敢于向别人学习。
3 不论是学习什么,我们都要抱着不耻下问的态度,这样才能学好。
Dibaca 1411x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)