Empat Gunung Keramat Bernuansa Buddhis di Tiongkok

Empat Gunung Keramat Bernuansa Buddhis di Tiongkok
Sekilas Perkembagan Agama Buddha di Tiongkok
Masukknya Agama Buddha ke Tiongkok memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan rakyat Tiongkok, namun sampai sekarang tidak bisa dipastikan kapan awal mula Agama Buddha masuk ke Tiongkok. Setelah memasuki Tiongkok, Agama Buddha berakulturasi dengan Taoisme, Konghucu dan kepercayaan masyarakat setempat.
Dalam perkembanganya, Agama Buddha di Tiongkok lebih dikenal sebagai Hanchuan Fojiao(汉传佛教), di mana perkembangannya menggunakan mandarin dalam semua manuskripnya maupun tataritualnya, dan berkembang dalam wilayah lingkaran budaya bernuansa Tionghoa. Hanchuan Fojiao bersama dengan Nanchuan Fojiao(Theravada) dan Aliran Tibet(Tantrayana)dikenal sebagai tiga aliran agama Buddha terbesar di dunia. Hanchuan Fojiao terutama berkembang di Daratan Tiongkok, Taiwan, Semenanjung Korea, Jepang, Vietnam dan lainnya.
Hanchuan Fojiao lebih umum dikenal dengan sebutan Mahayana. Mahayana dalam perkembangannya di Tiongkok, kemudian dibagi menjadi 10 sekte, bahkan ada sekte di antaranya tidak dapat bertahan sampai hari ini. Beberapa sekte yang terkenal antara lain: Sekte Zen(禅宗),Sekte Vinaya(律宗),Sekte Tian Tai(天台宗)、Sekte Huayan(华严宗),Sekte Yogacara(法相宗),Sekte Tantra(密宗), Sekte Tanah Suci(净土宗), dan lainnya.
Empat Gunung Keramat Bernuansa Buddhis di Tiongkok
Gunung-gunung yang tinggi di Tiongkok dipercaya sebagai tempat bersemayam para dewa serta cocok untuk mereka yang hendak melatih diri, seperti praktik petapaan dalam aliran Tao. Kendati demikian, terdapat empat gugus gunung yang dipercaya sebagai lokasi persemayaman dan perhormatan kepada Bodhisatva dalam Agama Buddha, khususnya aliran Mahayana. Keempat gunung keramat tersebut adalah:
1. Wutai Shan(五台山)
Gunung Wutai terletak di Provinsi Shanxi(山西), merupakan tempat persemayaman Bodhisatva Manjushri(文殊菩萨).
2. Putuoshan(普陀山)
Gunung Putuo terletak kepulauan Zhoushan(舟山), Provinsi Zhejiang(浙江). Gunung ini merupakan tempat persemayaman Bodhisatva Avalokitesvara(观音菩萨).
3. Emeishan(峨眉山)
Gunung Emei berlokasi di Barat Daya Provinsi Sichuan(四川). Gunung ini merupakan tempat persemayaman Bodhisatva Samantabhadra(普贤菩萨).
4. Jiuhuashan(九华山)
Gunung Jiuhua, dahulu dikenal Lingyang Shan(陵阳山)terletak di Provinsi Anhui(安徽). Gunung ini merupakan tempat persemayaman Bodhisatva Ksitigarbha.
Selain empat gunung keramat di atas, umat Buddha di Tiongkok juga ada yang memiliki kepercayaan bahwa Gunung Xuedou(雪窦山)di Kota Ningbo(宁波), Provinsi Zhejiang(浙江)merupakan tempat persemayaman Bodhisatva Maitreya(弥勒菩萨). Namun ada yang berpendapat bahwa Bodhisatva Maitreya bersemayam di Gunung Fanjing(梵净山), Provinsi Guizhou(贵州). Kendati terdapat perbedaan, namun hal ini tidak membuat keyakinan mereka luntur, malahan semakin memperkokoh keimanan mereka. (Zhangdong)
Dibaca 337x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)