狐假虎威

狐假虎威
Rubah Memperalat Kegarangan Macan

Dalam hutan belantara, macan adalah hewan yang paling garang, beliau dijuluki ’Raja Hutan’. Setiap hari macan akan memangsa hewan lain.

Suatu hari, macan kelaparan dan mencari makanan ke mana-mana. Dia berjalan di hutan dan bertemu dengan seekor rubah. Macan segera menerkam dan berhasil menangkap rubah. Ketika hendak dimakan, rubah yang licik pun melirik dan berteriak: ”Tunggu! Kau berani memakan aku? Raja Langit mengutusku datang ke sini menjadi Raja Binatang. Memakan aku, kau pasti akan dihukum Raja Langit.”

Antara percaya dan tidak, macan pun melepaskan cengkramannya secara perlahan-lahan. Rubah menggoyangkan ekornya penuh kesombongan dan berkata: ”Kalau kau tidak percaya, ikutin aku. Ke mana aku berjalan, hewan-hewan lainnya pasti lari ketakutan begitu melihatku.”

Rubah dengan lagaknya berjalan di depan, sedangkan macan mengikutinya dari dekat. Hewan-hewan lainnya merasa aneh melihat penampilan rubah begitu congkak, tetapi saat mereka melihat ke belakang ternyata ada seekor macan, dan mereka pun lari ketakutan.

Hewan-hewan lainnya sebenarnya takut dengan macan, hanya saja rubah meminjam kegarangan macan untuk menakuti mereka saja.

Idiom ini digunakan untuk menggambarkan orang yang suka menipu dengan berlagak mempunyai koneksi yang kuat, atau menggertak orang dengan menggunakan nama orang yang berkuasa.

狐假虎威 dibaca ”hú jiǎ hǔ wēi”
Contoh Kalimat:
1 做人应该要独立,不要做狐假虎威依附领导的事情。
2 他只是董事长身边的司机,却常狐假虎威地发号施令。
3 他哥哥当还乡团团长,他狐假虎威仗着他哥哥的势力,横行乡里,无恶不作。
Dibaca 1934x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)