画龙点睛
Menambahkan Bola Mata pada Lukisan Naga


Pada zaman Dinasti Liang, terdapat seorang pelukis tersohor bernama Zhang Sengyao. Ketika itu, Kaisar Liang Wudi mengundangnya untuk melukis naga pada tembok vihara yang beliau bangun.
Menurut legenda, Kaisar Liang mengundang Zhang Sengyao melukis empat ekor naga pada tembok Vihara An Le di wilayah Jin An. Setelah menyanggupi permintaan kaisar, Zhang hanya memerlukan waktu tiga hari untuk menyelesaikan lukisannya. Naga yang dia lukis sangat hidup seperti aslinya.
Setelah dilukis, naga pada tembok vihara menarik banyak pengunjung, akan tetapi mereka kemudian menyadari bahwa naga tersebut tidak memiliki bola mata. Orang-orang meminta kepada Zhang untuk menambahkan bola mata pada naga supaya semakin hidup dan indah, namun Zhang berkata kepada mereka: ”Menambahkan bola mata pada naga adalah pekerjaan gampang. Jika dikasih mata, nantinya naga-naga ini akan merusak tembok lalu pergi dari sini.”
Orang-orang tidak percaya pada ucapan Zhang dan mengira dia hanya membual, lalu mendesaknya untuk melukis bola mata. Zhang pun tak bedaya, dan dia terpaksa menambahkan bola mata pada dua ekor naga, karena ingin menyisakan dua ekor naga untuk menghiasi wihara.
Hari itu, para pengunjung berkerumun menyaksikan pemberian bola mata pada naga. Berselang beberapa saat, tiba-tiba langit berubah menjadi mendung, disertai dengan angin kencang dan petir menyambar-nyambar. Mereka kemudian menyaksikan langsung naga yang diberi bola mata itu menembus tembok dan terbang menari-nari di langit lalu pergi menghilang. Setelah itu, langit mendadak berubah menjadi cerah kembali. Mereka pun terperanjat menyaksikan keajaiban ini.
Idiom ini kemudian digunakan untuk menggambarkan suatu karya seni di mana setelah diberi tambahan sesuatu akan berubah menjadi lebih hidup. Idiom ini juga menggambarkan suatu pidato atau artikel menjadi lebih berbobot isinya setelah diberi tambahan beberapa kata pada bagian pentingnya.
画龙点睛 dibaca ”huà lóng diǎn jīng”
Contoh kalimat:
1 大街上五颜六色的霓虹灯为圣诞节的气氛又添上了画龙点睛的一笔。
2 这篇散文写的真好,尤其是最后这段,起到了画龙点睛的作用。
3 他的这番话在他的演讲中,起了至关重要的作用,堪称画龙点睛之笔。
Dibaca 902x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)