井底之蛙

井底之蛙
Kodok di Dasar Sumur

Seekor kodok tinggal di dasar sumur. Suatu hari dia bertemu dengan seekor kura-kura di tepi sumur. Si kodok dengan bangganya berkata kepada kura-kura: ”Lihat, betapa bahagianya aku tinggal di sini! Kalau lagi senang, aku akan melompat-lompat di tepi sumur, kalau sedang lelah, aku akan kembali ke dalam sumur dan tidur sejenak di celah bata. Atau menyemburkan kepala dan menjulurkan lidah, dengan tenang berendam di dalam air. Atau berjalan-jalan di lumpur yang empuk, sungguh sangat menyenangkan. Lihatlah udang dan cebong itu, mereka tidak sebahagia aku. Aku adalah tuan rumah sumur ini, bebas berkeliaran dalam sumur ini. Kenapa kamu tidak sering bermain kemari?”

Kura-kura sungguh ingin melihat ke dalam setelah mendengar semua perkataan kodok. Tetapi sebelum kaki kirinya menjulur ke luar, kaki kanannya sudah terjerat. Kura-kura bergegas mundur beberapa langkah dan menceritakan kondisi lautan kepada si kodok.

Kura-kura berkata: ”Apakah kamu pernah melihat lautan? Lautan begitu luas dan dalam. Zaman dahulu, walaupun terjadi bencana banjir, air laut pun tidak banyak bertambah. Jika terjadi bencana kekeringan, air laut pun tidak banyak berkurang. Dapat dilihat, lautan tidak dipengaruhi oleh bencana banjir dan kekeringan. Tinggal di lautan luas, baru kebahagiaan yang sebenarnya.”

Si Kodok terperajat setelah mendengar semua perkataan kura-kura, sepatah kata pun tak terucap melalui mulutnya.

Idiom ini digunakan untuk menggambarkan tentang orang yang memiliki pengetahuan terbatas (sempit).


井底之蛙 dibaca ”jǐng dǐ zhī wā”
Contoh Kalimat:
1 我们应该到各地去走走,好增广见闻,免得成为井底之蛙。
2 我们要多学习,多实践,不要像井底之蛙一样目光短浅,没什么见识。
3 老师总是教导我们不要做井底之蛙,了解天高地厚,现在终于明白老师的用心良苦了。
Dibaca 1629x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)