. Mengenal PANDA Lebih Dekat
Panda adalah hewan khas asal Tiongkok. Hewan ini memiliki keunikan tersendiri dan menjadi hewan favorit bagi banyak orang. Panda biasa disebut dengan Giant Panda (Panda Raksasa) karena tubuhnya yang besar seperti beruang. Ia memiliki nama latin Ailuropoda melanoleuca, yang berarti ”Kaki-kucing hitam-putih".
Panda Raksasa memiliki warna khas, yaitu hitam dan putih. Telinga, moncong, bahu, dan kakinya berwarna hitam, sedangkan sisanya berwarna putih. Rambutnya yang tebal dan halus membuat mereka merasa nyaman di daerah pegunungan yang dingin dan basah. Panda Raksasa memiliki cakar yang ganjil, dengan lima jari dan "jempol". "Jempol" ini sebenarnya adalah tulang-pergelangan tangannya yang termodifikasi. Panda Raksasa memiliki panjang badan sekitar 1,5 meter dengan tinggi sekitar 75 cm, berat badannya bisa mencapai 100-120 kg.
Panda bertempat tinggal di daerah pegunungan, khususnya di Provinsi Sichuan, Tiongkok Tengah. Tentu banyak dari kita yang sudah tahu bahwa makanan utama panda adalah bambu. Uniknya, panda bisa menghabiskan waktu selama 15 jam sehari hanya untuk makan bambu. Karena kadar gizi yang rendah dari bambu, maka mereka perlu memakan sekitar 10-20 kg bambu per hari. Panda Raksasa memiliki gigi yang sangat tajam untuk mengunyah. Selain bambu, panda juga makan telur, serangga, wortel, dan lainnya. Lucunya lagi, kedua telinganya dapat bergerak-gerak saat mereka mengunyah makanan.
Panda Raksasa termasuk spesies yang rentan punah karena kehilangan habitat hidupnya dan tingkat kelahiran yang sangat rendah. Saat ini Panda Raksasa dijadikan sebagai lambang World Wildlife Fund (WWF), organisasi dunia pelestarian alam.
Panda Raksasa pertama kali dikenal di dunia Barat pada 1869 oleh misionaris Perancis Armand David (1826–1900).
Dibaca 1888x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)