Radikal “火” dan aksara bentukannya(1)

Radikal “火” dan aksara bentukannya(1)
(Zhangdong)
“火(huǒ)” dalam Aksara Mandarin
Aksara “火” dibentuk menyerupai wujud nyala api yang membara, lidah api yang berkobar-kobar. Pada hakikatnya, aksara “火” menyatakan kobaran api itu sendiri atau percikan api. Berdasarkan esensi dan bentuknya, aksara “火” juga menyatakan warna merah(红色:hónɡsè), terang(光明:ɡuānɡmínɡ), hangat(温暖:wēnnuǎn), panas membara(灼热:zhuórè), terburu nafsu(急躁:jízào)dan lainnya. Aksara “火” juga mencerminkan merah seperti nyala api(火红:huǒhónɡ), panas seperti nyala api(火热:huǒrè), terang seperti nyala api(火亮:huǒliànɡ). Berdasarkan esensi “火”, maka muncul banyak aksara baru yang mencerminkan api, seperti “烁(shuò)、光明(ɡuānɡmínɡ)、煖(nuǎn)、温暖(wēnnuǎn)、焱(yàn)、灼热(zhuórè)、烦(fán)、急躁(jízào),dan lainnya.

Sekarang, jika seseorang menjadi terkenal, maka ia dikenal sebagai “红人(hónɡrén)”;jika seseorang terkenal di dunia maya, maka ia dikenal sebagai “网红(wǎnɡhónɡ)”. “红人” dan “网红” semakin hari semakin popular, sehingga orang-orang menyebutnya dengan istilah “火了(huǒ le)”.
Secara umum, aktivitas yang berkaitan dengan api, juga dapat dinyatakan dengan elemen “火”. Pepatah kuno mengatakan “民以食为天(baca:mín yǐ shí wéi tiān)”, dari pepatah ini dapat diketahui bahwa makan sangatlah penting bagi semua orang, di mana makan tentu tidak dapat dipisahkan dari aktivitas memasak. Aktivitas memasak memiliki kaitan yang sangat erat dengan api. Misalnya, aksara “爨(cuàn)” sangat jelas menggambarkan proses memasak secara keseluruhan. Dari aksara tersebut, kita bisa melihat pada bagian atas ‘kedua tangan memegang panci dan meletakkanya di atas tungku’, pada bagian tengah ‘sedang memasukkan kayu bakar ke dalam tungku’ dan bagian bawah ‘menyalakan api untuk memasak’. Dari aktivitas memasak ini, muncul aksara-aksara lain yang berhubungan dengan memasak, di antaranya:
a berdasarkan besar kecilnya api:焗(jú)、煨(wēi)、煸(biān).
b berdasarkan lamanya memasak:炖(dùn)、炒(chǎo)、㸆(kào).
c berdasarkan alat pembakaran:煲(bāo)、烧(shāo)、烤(kǎo).
Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, banyak aktivitas yang menggunakan api, seperti membekam(拔火罐:báhuǒɡuàn)dan moksibusi(灸:jiǔ). Selain itu, menyetrika (熨:yùn)juga memerlukan api.
Selain itu, sifat manusia juga dianalogikan dengan istilah “火”. Misalnya, radang(红肿(hónɡzhǒnɡ), emosi dan marah(烦燥:fánzào)disebut sebagai “上火(shànɡhuǒ)” dalam pengobatan tradisional. Dari contoh di atas, “红” dan “烦” terjadi karena naiknya unsur api ke atas kepala, sehingga terjadi ketidaksabaran atau gampang emosi.
Manfaat api sungguh besar. Dalam Kamus Penjelasan Aksara《说文解字》, aksara “火” memiliki makna yang sama dengan “毁(huǐ:membakar atau merusak)”. Dengan demikian, aksara “火” juga mencerminkan bencana yang bersifat merusak, misalnya “灾(zāi)、灭(miè)” dan lainnya.
Dari penjelasan di atas, aksara-aksara yang terbentuk dari “火” dan elemennya antara lain:
1 Nama Istilah
a 炣(kě):cahaya api
b 烠(huí):cahaya api
c 颎(jiǒnɡ):cahaya api
d 烶(tǐnɡ):cahaya api
e 燹(xiǎn):api liar
f 煚(jiǒnɡ):cahaya matahari
g 炌(kài):terang benderang
h 熒(yínɡ):sedikit bercahaya
2 Berdasarkan Sifatnya
a Terang:炳(bǐnɡ)、炟(dá)、炽(chì)、炯(jiǒnɡ)、烁(shuò)、耿(ɡěnɡ)、煊(xuān)、烜(xuǎn)、烨(yè)、焆(juān)、烺(lǎnɡ)、焜(kūn)、焕(huàn)、忭(biàn)、焞(tūn)、煜(yù)、煋(xīnɡ)、煟(wèi)、灿(càn)、烂(làn)、炀(yánɡ)、炅(ɡuì)、炜(wěi)、炫(xuàn).
b Panas Membara:炎(yán)、焱(yàn)、灼(zhuó)、烻(yàn)、熇(hè, xiāo)、炘(xìn)、燥(zào)、焮(xìn)、熯(hàn).
c Hangat:煖(nuǎn).
3 Berdasarkan Aktivitasnya
a Aktivitas Memasak:炖(dùn)、煑(zhǔ)、烧(shāo)、烤(kǎo)、烘(hōnɡ)、焙(bèi)、烙(lào)、烫(tànɡ)、焐(wù)、煏(bì)、煲(bāo)、㸆(kào)、焅(kù)、煨(wēi)、煸(biān)、炒(chǎo)、焯(chāo)、炆(wén)、炕(kànɡ)、炮(bāo)、熘(liú)、燖(xún)、煺(tuì)、烀(hū)、炸(zhá).
b Aktivitas Menempa:煅(duàn)、炼(liàn)、烊(yánɡ)、焊(hàn).
c Aktivitas Pengobatan:灸(jiǔ)、煴(yùn).
d Aktivitas Membakar Hutan:焚(fén)、燹(xiǎn)、燀(chàn)、燎(liáo)、燃(rán)、熰(ōu)、熄(xī)、灭(miè).
4 Berdasarkan Substansinya
a Zat Padat:焰(yàn)、灰(huī)、烬(jìn).
b Hangus Terbakar:烽(fēnɡ)、烟(yān)、炱(tái)、煤(méi)、炭(tàn).
5 Benda Ciptaan Manusia
a Hasil Pembakaran Lilin:灯(dēnɡ)、炷(zhù)、蜡(là)、烛(zhú)、炬(jù)、灺(xiè).
b Tungku yang dapat dipidah-pindahkan:炕(kànɡ)、炉(lú)、煁(chén).
c Pecahan saat membuat tembikar dan porselen:炻(shí).
Demi keindahan konfigurasi aksara, radikal api juga dapat ditulis menjadi “灬”. Radikal “灬” ini terutama berkaitan dengan:
1 Aktivitas menyalakan api dan memasak:烹(pēnɡ)、煮(zhǔ)、然(rán)、烝(zhēnɡ)、蒸(zhēnɡ)、煎(jiān)、熬(áo)、熏(xùn).
2 Hal-hal atau sifat yang berhubungan dengan aktivitas menyalakan api:黑(hēi)、焦(jiāo)、点(diǎn)、熟(shú)、热(rè)、烈(liè).
3 Cahaya yang terang: 照(zhào)、熙(xī)、煦(xù).
Dibaca 288x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)