愚公移山

愚公移山
Kakek Pandir Memindahkan Gunung


Dahulu kala ada seorang kakek dipanggil Kakek Pandir. Di depan pintu rumahnya terdapat dua gugus gunung yang tinggi, yaitu Gunung Taihang dan Gunung Wangwu. Karena menghalangi pintu, beliau harus berjalan memutar untuk keluar masuk.
Suatu hari ketika sedang makan, Kakek Pandir berkata kepada keluarganya: ”Kita sekeluarga harus bekerja sama memindahkan kedua gunung itu sehingga kita dapat menembus jalan raya secara langsung, bagaimana?” Anak dan cucunya pun setuju, tetapi istrinya hanya menggelengkan kepala lalu berkata: ”Tidak mungkin, tenaga untuk memindahkan sebuah bukit kecil saja tiada, masih mau memindahkan gunung. Kalaupun bisa, maka tanah dan batunya mau dibuang ke mana? Kekak Pandir dan anaknya tertawa setelah mendengarnya, lalu beliau berkata: ”Ini bukan masalah, kita dapat membuangnya ke dalam lautan.”
Hari kedua, Kakek Pandir berserta anak dan cucunya membawa cangkul dan pengki mulai sibuk memindahkan gunung. Tetangganya juga membantu bersama anaknya. Saat mereka sedang bekerja, seorang bernama Zhi Sou mentertawakan mereka sambil berkata: ”Kakek Pandir, kau terlalu ceroboh. Sudah setua ini, buat apa memindahkan gunung? Biarkan kau pindahin sampai mati, itu pun tidak mungkin.”
Kakek Pandir tertawa, lalu berkata kepadanya: ”Zhi Sou, yang ceroboh itu kau. Walaupun sudah tua, tetapi aku memiliki anak, dan anakku juga memiliki anak untuk meneruskannya, demikian seterusnya. Hanya perlu kami memindahkan sebagian maka gunung akan berkurang sebagian. Suatu hari nanti, kami pasti akan berhasil memindahkannya.” Zhi Sou tak bisa menjawab dan memilih meninggalkan mereka.
Dewa Langit mengetahui tekad yang kuat dari Kakek Pandir dan mengutus dua sosok dewa untuk memindahkan punggung bukit ke sisi lain sehingga tidak menghalangi pintu Kakek Pandir.
Idiom ini menggambarkan orang yang memiliki tekad yang kuat dalam bekerja tanpa menghiraukan semua rintangan.
愚公移山 dibaca ”yú gōng yí shān
Contoh kalimat:
1 我们应以愚公移山的精神,克服人生一切困难。
2 我们要用愚公移山的精神治脏治乱治差,不达目的决不罢休。
3 只要凭着愚公移山的精神,不要说一条横贯公路,就是十条也可以开辟成功。
Dibaca 1396x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)