自相矛盾
Kontra antara Tombak dan Perisai
(Bertentangan Sendiri)



Zaman dahulu di Negara Chu, terdapat seorang pedagang senjata. Pedagang ini menjual menjual tombak dan perisai di pasar.
Pada saat orang-orang menghampirinya, dia segera mengangkat perisai dan dengan pongahnya berteriak: ”Perisai yang aku jual adalah perisai yang paling bagus di dunia. Tidak akan ada tombak yang mampu menembusnya!”
Kemudian, dia mengambil tombak dan mengancung setinggi-tingginya, sambil berteriak: ”Tombak ini adalah tombak tertajam di dunia. Perisai sehebat apapun akan hancur terkena tusukan tombak ini. Cukup tersentuh sedikit saja, perisai-perisai akan hancur berantakan.”
Dia dengan sombongnya berkata hal yang sama berulang-ulang, terus meminta orang-orang untuk membeli tombak dan perisainya.
Pada saat dia menawarkan orang-orang untuk membeli, datang seorang yang memilih tombak dan perisainya serta bertanya: ”Apa yang akan terjadi jika menggunakan tombak ini untuk menusuk perisai ini?”
Pedang dengan gugup menjawab: ”ini… ini…” (tidak bisa berkata apa-apa)
Melihat reaksi pedagang, orang-orang yang berkerumun langsung tertawa terbahak-bahak lalu membubarkan diri.
Idiom ini digunakan untuk menggambarkan tentang tindakan atau ucapan seseorang yang bertentangan antara sekarang dengan sebelumnya. Sekarang juga digunakan untuk menggambarkan kondisi orang yang memiliki pertentangan dalam hatinya sendiri.
自相矛盾 dibaca ”zì xiāng máo dùn”
Contoh kalimat:
1 他刚才的发言前后自相矛盾,别人不知道怎么理解。
2 我们无论做事说话,都要注意留有余地,不能自相矛盾。
3 我们在说话和写文章时,有时会出现自相矛盾的情况,这是逻辑混乱的表现。
Dibaca 2623x
BERBAGI ARTIKEL INI...

Cuaca saat ini

JAKARTA DKI Jakarta

Rumah Mandarin © 2018-2022 Hak Cipta Dilindungi oleh Undang-undang
This web developed by Benny Lo (羅強基)